The Role of Information and Communication Technology in Business

  • Naerul Edwin Kiky Aprianto IAIN Purwokerto

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran teknologi informasi dan komunikasi dalam perkembangan bisnis. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menuntut manusia untuk melakukan perubahan di segala jenis kehidupan yang tujuannya adalah mendapatkan  hasil  yang  terbaik. Berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, berdampak pula pada bentuk perdagangan yang memudahkan penggunaannya. Salah satunya melalui e-commerce. Kendati demikian, e-commerce mempunyai peran sangat signifikan terutama pada saat masih mewabahnya Covid-19.

References

Asnawi, Haris Faulidi. (2004). Transaksi Bisnis E-Commerce Perspektif Islam. Yogyakarta: Magistra Insania Press.

Aziz, Fathul Aminudin. (2012). Manajemen dalam Perspektif Islam. Cilacap: Pustaka El-Bayan.

Badan Pusat Statistik. (2019). Statistik E-Commerce 2019, https://www.bps.go.id/publication/download.html (diakses 27 Januari 2021).

Badan Pusat Statistik. (2020). Statistik E-Commerce 2020, https://www.bps.go.id/publication/download.html (diakses 27 Januari 2021).

Barkatullah, Abdul Halim. (2009). Perlindungan Hukum Bagi Konsumen dalam Transaksi E-Commerce Lintas Negara di Indonesia. Yogyakarta: UII Press.

Bungin, Burhan. (2011). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya, Jakarta: Kencana.

Djawil, J. (1991). Sistem Informasi untuk Manajemen Modern, Edisi 3. Jakarta: Erlangga.

Effendy, Onong Uchana. (2002). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hartman, Amir and John Sifonis. (2000). Net Ready: Strategies for Success in the E-Conomy. United States: McGraw-Hill

Indrajit, Richardus Eko. (2002). Electronic Commerce: Strategi dan Konsep Bisnis di Dunia Maya. http://lib.stikes-mw.id/wp-content/uploads/2020/06/Electronic-Commerce-Strategi-dan-Konsep-Bisnis-di-Dunia-Maya.pdf (diakses 8 Februari 2021).

Juwana, Hikmahanto. (2002). Hukum Ekonomi dan Hukum Internasional. Jakarta: Lentera Hati.

Kemkominfo. (2019). Pertumbuhan E-Commerce Indonesia Capai 78 Persen. https://kominfo.go.id/content/detail/16770/kemkominfo-pertumbuhan-e-commerce-indonesia-capai-78-persen/0/sorotan_media (diakses 8 Februari 2021).

Rahardjo, Budi. (2002). Memahami Teknologi Informasi. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Riswandi, Budi Agus. (2006). Hukum Cyberspace. Yogyakarta: Gita Nagari.

Sukirno, Sadono. (2004). Pengantar Bisnis. Jakarta: Prenada Media Group.

Sutarman. (2009). Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahid, Fathul. (2007). Teknologi Informasi dan Pendidikan. Yogyakarta: Ardana Media.

Published
2021-04-27
How to Cite
Naerul Edwin Kiky Aprianto. (2021). The Role of Information and Communication Technology in Business. International Journal Administration, Business & Organization, 2(1), 8-15. https://doi.org/10.61242/ijabo.21.152
Section
Research Articles