The Influence of Product Quality, Service Quality, and Prices on Consumer Repurchase Intention at Bang Dava Chicken Restaurant

  • Mohamad Rizal Nur Qudus Politeknik Negeri Bandung
  • Nita Sri Amelia Politeknik Negeri Bandung
Keywords: Product quality, Service quality, Price, Repurchase intention

Abstract

The purpose of this study is to determine and analyze the effect of product quality, service quality, and price on the repurchase intention of Bang Dava Chicken consumers. The research method used is descriptive quantitative with primary data obtained from distributing online questionnaires to 200 respondents, namely people who have purchased Bang Dava Chicken products at least once. The data that has been collected was analyzed using descriptive analysis and multiple regression with the help of the SPSS program. The results of this study indicate that product quality, service quality, and price have an effect of 55.8% on consumer repurchase intention of Ayam Bang Dava, while the most dominant factor influencing Bang Dava Chicken consumer repurchase intention is price.

Author Biography

Mohamad Rizal Nur Qudus, Politeknik Negeri Bandung

He is student in POLBAN at commerce department.

References

Afnina, dan Yulia Hastuti. (2018). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), 21-30.

Ali Hasan. (2018). Jurnal Indovisi; Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan harga Terhadap Minat Beli Pakaian. Indonesian Indovisi Institute.

Badan Pusat Statistik. (2021)

Bahar, A., & Sjahruddin, H. (2017). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dan minat beli ulang.

Chaniago, H. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga pada Loyalitas Konsumen Nanostore. International Journal Administration, Business & Organization Vol. 1 No. 2, 59-69.

Chaniago,H., Mulyawan, I., Suhaeni, T and Jumiyani, R. 2019. Faktor Kunci Keberhasilan Ritel Modern di Indonesia. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis, Poltek Batam. https://doi.org/10.30871/jaemb.v7i2.1726

Chaniago, Harmon. (2021). Manajemen Ritel & Implemetasinya. Bandung, Indonesia: Edukasi Riset Digital, PT

Dinas Parawisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat. (2020). Jumlah Usaha Restoran, Rumah Makan dan Cafe Berdasarkan Kabupaten/Kota di Jawa Barat. Diakses dari https://opendata.jabarprov.go.id/id/dataset/jumlah-usaha-restoran-rumah-makan-dan-cafe-berdasarkan-kabupatenkota-di-jawa-barat

Efawati, Y., & Hermawan, N. J. Memahami Tren “Atribut Produk”: Tinjauan Perilaku Konsumen dalam Memilih Produk Minuman dan Implikasinya Terhadap Industri. International Journal Administration, Business & Organization Vol. 1 No. 2, 28-37.

Faradiba, F., & Astuti, S. R. T. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi pada Warung Makan “Bebek Gendut” Semarang). Diponegoro Journal of Management, 59-69.

Febriani, N. S., & Dewi, W. W. A. (2018). Teori dan Praktis: Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu. Malang: UB Press.

Firmansyah, M.Anang. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Startegy). Pasuruan: Cv. Penerbit Qiara Media

Goh, S. K., Jiang, N. Hak, M.F.A., & Tee, P.L. (2016). Determinants of Smartphone Repeat Purchase Intention Among Malaysians: A Moderation Role of Social Influence and A Mediating Effect of Consumer Satisfaction. International Review of Management and Marketing.

Gursida, H., and Harmon. (2017). Metode Penelitian Bisnis dan Keuangan. Konsep dan

Implementasinya. Bogor: Paspi

Hanum, Z., & Hidayat, S. (2017). Faktor–faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian sepatu merek nike di kota medan. Jurnal Bis-A: Jurnal Bisnis Administrasi, 6(1), 37-43.

Harfania, F. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan, Experiential Marketing, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Kasus Pada Restoran Ayam Geprek Sa’I Yogyakarta). Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia (JMBI), 7(6), 581-591.

Hasoloan, A. (2018). Peranan etika bisnis dalam perusahaan bisnis. Warta Dharmawangsa, (57).

Hudaya, Agung., Djumarno., dan Siti D. (2021). The Influence of Service Quality and Product Quality on Customer Satisfaction That Implications on Repurchase Interest. Dinasti International Journal of Management Science, 3(1), 151-160.

Ibrahim M., dan Sitti M.T. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasaan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 175 – 182.

Irfania, Novi. (2022). Faktor yang mempengaruhi minat beli online Produk Makanan dan Minuman UKM. Studi pada masyarakat Kabupaten Bandung Barat, Indonesia. International Journal Administration, Business and Organization, 3(1), 41-52.

Jeerasantikul, Y., & Liao, C. (2018). Factors Affecting Chinese Consumers’ Willingness to Repurchase Thai Products. BU Academic Review.

Jiwandono, A., Arifin, R., & Hufron, M. (2019). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Promosi, dan Lokasi terhadap Minat Beli Ulang Konsumen pada Warung Bakso Tiara Kediri (Studi pada Konsumen Bakso Tiara Kediri di Tulungagung). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen.

Kotler, P. A. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Kotler, P., & Kevin, K. L. (2016). Marketing Management 16 edition. New Jersey: Pearson.

Manumpil, A., Mananeke, L., & Samadi, R. L. (2021). PENGARUH STRATEGI BAURAN PEMASARAN TERHADAP MINAT BELI ULANG PRODUK GEPREK BENSU MANADO. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(3), 1808-1818.

Prameta, Moh Ilyas. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Ayam Goreng Nelongso Cabang Ketintang. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1), 1062-1068).

Priansa, Juni D. (2017). Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta

Razak, Ismail., Nazief Nirwanto., dan Boge T. (2016). The Impact of Product Quality and Price on Customer Satisfaction with the Mediator of Customer Value. Journal of Marketing and Consumer Research, Vol. 30.

Rosita, R. (2015). Pengaruh Lokasi, Kelengkapan Produk, Kualitas Produk, Pelayanan, Harga, dan Kenyamanan Berbelanja Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Lotte Mart Bekasi Junction. E-Journal Widya Ekonomika, 1(1), 55055.

Santoso, A. R., Rachma, N., & Wahono, B. (2019). Pengaruh Persepsi Harga (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) terhadap Minat Beli Ulang (Y) Melalui Kepuasan Pelanggan (Z) Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Konsumen Ayam Goreng Nelongso Cabang Sigura-Gura Malang). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen.

Sartika, D. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Produk You C 1000 Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis, 2(1), 10-21.

Setiawan, Wawan., & Safitri, K. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang Beras Batang Gadis Di Agen S. Riyadi Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(3), 223-231.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. https://doi.org/979-8433-71-8

Taufan, M. Y. (2021). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen. Paradoks: Jurnal Ilmu Ekonomi, 4(2), 508–516.

Tjiptono, Fandy. (2015). Strategi Pemasaran. Edisi III. Yogyakarta: Andi

Widodo, Tosan. (2016). Pengaruh Brand Image, Atribut Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Vario di Kulon Progo. Skripsi pada Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta: Tidak Diterbitkan

Wulandari, Septian., & Marlena, N. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Pengguna Transportasi Migo di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(2).

Zeithaml, V.A., M.J. Bitner and D.D Gremler. (2013). Service Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm. 6e, Mc.Graw-Hill, Boston.

Zikrurrahman, F., Naufal, M.R., Chaniago, H. (2021). Pengaruh Kelengkapan Produk dan Penetapan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Nano Store Selama Pandemik COVID-19 di Kabupaten Bandung, Indonesia. International Journal Administration, Business & Organization Vol. 2 No. 1, 1-7.

Published
2022-09-28
How to Cite
Rizal Nur Qudus, M., & Sri Amelia, N. (2022). The Influence of Product Quality, Service Quality, and Prices on Consumer Repurchase Intention at Bang Dava Chicken Restaurant. International Journal Administration, Business & Organization, 3(2), 20-31. https://doi.org/10.61242/ijabo.22.207
Section
Research Articles